Beranda Sindikasi Pemdes Wanasari Gelar Musdes Rencanakan Pembangunan 2024

Pemdes Wanasari Gelar Musdes Rencanakan Pembangunan 2024

1

INDRAMAYU (Pelitaindo.news) – Pemerintah Desa (Pemdes) Wanasari, kecamatan Bangodua Kabupaten Indramayu, menggelar Musyawarah Desa (Musdes) tentang RKPDes (Rencana kerja Pemerintah Desa) Tahun 2024 di Aula Kantor desa, Sabtu (29/07/2023).

Dalam Musdes RKPDes tersebut diprioritaskan pada pembangunan Rabat Beton, SPAL TPT, dan Pengolahan sampah yang menjadi Bahan Pembahasan.

Hadir pada kesempatan tersebut Kasi Tapem Anton Sinugroho, ST, Kasi PMD Nono Hartono, Kepala Desa Wanasari, ketua BPD, TP PKK, Babinsa, Babinkantibmas, Pemdamping Desa, tokoh agama, tokoh adat, ketua RT/RW, Karangtaruna, LPMD serta elemen masyarakat.

Dalam proses musyawarah RKPDes disusun melalui Musyawarah Desa (Musdes). Kemudian, dari hasil Musyawarah Desa tersebut menjadi pedoman bagi pemerintah untuk menyusun rancangan RKP Desa dan daftar usulan RKP Desa. (DU – RKPDes) tahun 2024 mendatang.

Kepala Desa Wanasari, Tarsono, ST, Mengatakan, Rencana kerja Pemerintah (RKP) Desa adalah dokumen perencanaan yang memuat pokok-pokok kebijakan pembangunan desa dan menuntun kearah Tujuan pencapaian visi dan misi desa, tentunya bermusyawrah dengan warga masyarakat dan semua stakeholder.

Menurut Tarsono, ST, Capaian dalam penyusunan rencana kerja pemerintah desa adalah sebagian kerangka acuan bagi kepala Desa dan perangkat desa dalam menyusun program dan kegiatan tahunan yang sinergis sesuai tupoksi untuk mewujudkan tercapainya Visi misi dalam membangun desa.

Sementara itu Kasi Tapem Kecamatan Bangodua Anton Sinugroho, ST, mengatakan, Musdes perumusan RKPDes ini merupakan sebuah konsep dari pemerintah.

Pasalnya, kegiatan RKPDes bukan tidak berdasar tapi ada aturan hukum yang sudah mengatur. Ia juga mengatakan, tujuan dari kegiatan ini guna merancang sebuah program yang akan dilaksanakan untuk tahun depan 2024. (Prapto/ Herman Tongol)

The post Pemdes Wanasari Gelar Musdes Rencanakan Pembangunan 2024 first appeared on pelitaindonews.

Tinggalkan Balasan