Beranda Politik Etnis Minang Dan Sunda Paling Tidak Puas Kinerja Jokowi. Yang Lain Bagaimana?

Etnis Minang Dan Sunda Paling Tidak Puas Kinerja Jokowi. Yang Lain Bagaimana?

53

VARIANEWS.id – Dalam Survei yang dilakukan oleh Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) pada periode September 2021, menunjukkan bahwa Minang menjadi etnis dengan tingkat kepuasan terendah terhadap kinerja Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Direktur Eksekutif SMRC, Sirojudin Abbas, memaparkan tingkat kepuasan masyarakat etnis Minang terhadap kinerja Jokowi hanya mendapatkan 37 persen. Sementara, masyarakat etnis Minang yang menyatakan tidak puas terhadap kinerja Jokowi adalah sebanyak 63 persen.

“Kepuasan terhadap kinerja Presiden Jokowi lebih rendah pada pemilih etnis Minang, 37 persen,” ucap Sirojudin saat memaparkan hasil survei pihaknya secara daring, Selasa (19/10).

Sementara itu, etnis kedua yang kurang puas terhadap kinerja Jokowi adalah Sunda yakni di angka 49 persen. Namun masyarakat etnis Sunda yang menyatakan cukup puas terhadap kinerja Jokowi juga berada di angka 49 persen. Kemudian Sirojudin memaparkan, etnis dengan tingkat kepuasan terhadap kinerja Jokowi tertinggi ialah Batak dan Bugis yakni di angka 77 persen.

“Ketidakpuasan terhadap kinerja Jokowi etnis Batak hanya 23 persen dan etnis Bugis 16 persen,” ujarnya.

Selanjutnya, tingkat kepuasan masyarakat etnis Jawa terhadap kinerja Jokowi sebanyak 76 persen, etnis Madura 68 persen, dan etnis Betawi 51 persen.

Sirojudin juga memaparkan berdasarkan agama, bahwa masyarakat yang beragama Islam yang puas terhadap kinerja Jokowi berada di angka 66 persen dan ketidakpuasan di 32 persen. Angka tersebut lebih rendah dibandingkan dengan masyarakat dari pemeluk agama lainnya yang puas berada di angka 88 persen, dan ketidakpuasan di 9 persen.

Redaksi INDIKASI.id mendownload hasil survei ini yang diperoleh langsung dari data survei SMRC yang melakukan wawancara terhadap 1.220 responden dipilih secara acak atau dengan metodologi multistage random sampling, yang dilakukan pada tanggal 15 hingga 21 September 2021.

Survei SMRC ini memiliki margin of error yang diperkirakan sekitar 3,19 persen pada tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.

Tinggalkan Balasan