Beranda Seni Budaya dan Pariwisata Warga Kampung Cisarongge Pagaden Lestarikan Tradisi Hajat Babarik

Warga Kampung Cisarongge Pagaden Lestarikan Tradisi Hajat Babarik

9

SUBANG (Pelitaindo.news) – Hajat Babarik adalah sebuah acara ritual tahunan adat Suku Sunda. Acara tahunan ini dilaksanakan pada hari bulan dan tempat yang sama setiap tahun. Seperti yang dilaksanakan di RW.04 Kampung Cisarongge Desa Gunungsari Kecamatan Pagaden Kabupaten Subang. Hajat babarik dilaksanakan hari Kamis malam Jum’at (07/07) seperti dilansir portalsubang.

Acara Yang tempatnya dilaksanakan ditempat pertiggan kampung ini merupakan bentuk syukur atas kesejahteraan kampung atas kecukupan berupa makanan dan minuman serta memohon agar terbebas dari segala jenis bencana.

Ada yang unik diacara Hajat Babarik yaitu warga masyarakat satu kampung datang ke tempat hajatan itu sambil membawa tumpeng atau gunungan nasi kuning yang dihadirkan untuk dimakan bersama.

Prosesi Babarik diawali dengan ngarajah atau do’a bersama kepada Allah SWT untuk memohon perlindungan dari segala marabahaya sekaligus rasa syukur atas nikmat yang telah diberikan.

Tokoh Kampung Cisarongge RW 04 Kardawin menyampaikan, Hajat Babarik ini merupakan adat istiadat yang turun temurun pada masyarakat sunda terutama warga Kampung Cisarongge RW 04 ini.

Ditambahkan Asud, budi daya Babarik terus dilestarikan karena merupakan bagian dari aset budaya yang memiliki nilai-nilai budaya, adat istiadat masyarakat, serta merupakan rasa syukur kepada tuhan yang maha Esa atas limpahan yang sudah diberikan kepada warga, juga mengingatkan kita untuk menghormati jasa para leluhur karena adanya kita tak lepas adanya mereka. (Dn)

Tinggalkan Balasan