Beranda LifeStyle Amerika Menyatakan Indonesia Negara Aman Covid-19

Amerika Menyatakan Indonesia Negara Aman Covid-19

31
Jubir Pemerintah untuk penanganan Covid-19, Reisa Broto Asmoro

varianews.id – Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (United State, Center for Disease Control and Prevention / US-CDC) Amerika Serikat, menyatakan Indonesia kini sebagai negara aman untuk dikunjungi. Pernyataan itu disampaikan oleh Juru Bicara Pemerintah untuk Penanggulangan Covid-19, Reisa Broto Asmoro, dalam siaran pers PPKM melalui kanal YouTube FMB9 di Jakarta, Jumat (29/10).

“US CDC di Atlanta mengategorikan Indonesia sebagai wilayah hijau atau negara dengan insiden Covid-19 yang rendah dan aman untuk dikunjungi,” Ujar Reisa.

Reisa menilai, pengakuan itu merupakan hasil kerjasama pemerintah dan masyarakat Indonesia, dalam upaya pengendalian dan pencegahan penyakit Covid-19. Meski demikian menurut Reisa, CDC tetap meminta warga Amerika Serikat harus mengikuti rekomendasi atau persyaratan dari otoritas Indonesia. Antara lain, sudah divaksin lengkap, memakai masker, dan tetap menjaga jarak aman.

Reisa mengatakan, situasi di Indonesia secara umum telah terjadi penurunan tren kasus baru mingguan sebesar 23 persen. Semenatara itu penurunan jumlah kematian, sebesar 16 persen dibandingkan dengan pekan sebelumnya.

Sejauh ini menurut Kementerian Kesehatan RI, sudah lebih dari 4 juta orang Indonesia telah terinfeksi Covid-19. Akan tetapi jumlah yang dinyatakan sembuh sudah mencapai sekitar 96,3 persen, dan kasus aktif Indonesia berada di bawah 1 persen.

Tinggalkan Balasan