Beranda Pendidikan Jurnalistik : Pengertian, Tugas, dan Skill yang Harus Dipahami

Jurnalistik : Pengertian, Tugas, dan Skill yang Harus Dipahami

14

Mungkin kamu tahu apa itu jurnalistik dan apa saja sih tugas dan juga skill apa saja yang bisa membantu dalam mengerjakan tugas sebagai jurnalis nantinya.

Jika secara harfiah jurnalistik adalah hal yang menyangkut mengenai kewartawanan dan persuratkabaran. Tetapi dalam mengabarkan berita, jurnalistik harus mengetahui apa saja kode etik yang harus dipatuhi dan jangan sampai dilanggar. Karena kalau sampai dilanggar, media ataupun instansi tersebut akan diberi sanksi sebagaimana yang telah ditentukan sebelumnya.

Peran jurnalistik dalam media informasi dan komunikasi sangat berperan besar dalam penyebaran fakta dan informasi akurat dan faktual terhadap publik.

Apa itu Jurnalistik?

Jurnalistik adalah pengumpulan bahan berita (peliputan), pelaporan peristiwa (reporting), penulisan berita (writing), penyuntingan naskah berita (editing), dan penyajian atau penyebarluasan berita (publishing/broadcasting) melalui media.

Dunia jurnalistik pasti tidak akan jauh dengan media komunikasi dan informasi yang memerlukan berita untuk dipublikasikan, dengan begitu jurnalis memerlukan media untuk menuangkan hasil dari apa yang mereka dapat dari mulai berita, peristiwa penting hingga hal-hal yang sedang ramai diperbincangkan.

Ada beberapa macam jenis jurnalistik, yakni jurnalistik cetak (jurnalistik yang dipublikasikan pada media cetak), selanjutnya ada jurnalistik elektronik (jurnalistik yang dipublikasikan melalui media elektronik), lalu ada jurnalistik online (jurnalistik yang dipublikasikan dan disebarluaskan melalui portal berita internet, online dan juga media siber).

Tugas Jurnalistik

  1. Memberikan Informasi yang Faktual dan Mendidik

Media informasi dan juga komunikasi merupakan tempat yang bisa dijangkau oleh masyarakat. Sebagai jurnalis yang baik dan bisa dipercaya masyarakat. Media jurnalistik harus harus memberikan informasi yang aktual dan faktual.

Dengan begitu, tugas jurnalistik bukan hanya memberikan informasi namun juga harus sesuai kenyataan tanpa rekayasa. Seorang jurnalis harus memberikan informasi yang mendidik bagi masyarakat. Hal ini merupakan bagian dari tugas jurnalistik yang mana harapannya akan bermanfaat bagi siapapun pembacanya.

  1. Memberi Hiburan

Sebagai media, selain menyampaikan informasi berisi tentang berita yang faktual serta mendidik, tugas jurnalistik pun sebagai pemberi hiburan sebagai media untuk masyarakat. Bagi kamu yang ingin bekerja yang bergerak pada bidang jurnalistik, kamu harus mengetahui roller coaster hiburan tanah air dari mulai yang diminati hingga yang sering diperbincangkan.

Hal itu karena jika seorang jurnalis tidak up to date terhadap perkembangan zaman maka akan tertinggal dari media kompetitornya. Ini tentu akan membuat rugi dan menghambat perkembangan media tenpatnya bekerja.

  1. Wakil Publik dan Advokasi

Tugas jurnalis lainnya adalah menjadi wakil publik yang nantinya akan akan menyuarakan/ mewakili keresahan publik. Dengan demikian, tugas jurnalistik adalah harus mampu menyampaikan atau mengkritisi kebijakan ataupun tindakan dari pemerintah yang dipandang tidak sesuai dengan kebijakan awal bahkan kritk-kritik dari masyarakat yang sulit untuk disuarakan.

  1. Authenticator

Seorang jurnalis harus memahami sisi autentik dari sebuah media yang dijalankan saat itu. Menelaah bagaimana medianya bisa dikenal banyak orang dengan informasi-informasi yang menjadi ciri khas. Ketika media tersebut up to date, maka masyarakat akan terus mempercayai media tersebut untuk dijadikan informasi terkini yang bisa mereka baca.

  1. Investigator

Seorang jurnalis bertugas untuk menjadi investigator. Hal ini dikarenakan tuntutan pekerjaan mereka adalah mencari berita. Dengan begitu, jurnalis hadir untuk mencari berita dan membongkar sisi gelap dari mulai kejahatan hingga mengawasi kekuasaan yang disalahgunakan. Jurnalis berperan penting terhadap hal ini.

  1. Interpreter

Seorang jurnalis bertugas untuk menjadi interpreter (penafsir) karena setiap informasi yang beredar tidak akan dengan mudah diserap oleh masyarakat. Maka dari itu, tugas jurnalis adalah menafsirkan berita tersebut dengan bahasa yang mudah dipahami dan juga pemahaman yang mudah diserap oleh masyarakat.

Sehingga nantinya masyarakat tidak sibuk menduga-duga dan malah gagal memahami konteks beritanya. Contoh berita seperti ini biasanya berita analisis dalam reportase ataupun komentar berita terhadap rencana.

  1. Mengumpulkan Fakta

Seorang jurnalis memiliki tugas mengumpulkan fakta dan tentunya berdasar pada Sumpah Jurnalis Indonesia. Maka dari itu, untuk menjadi media jurnalistik yang bisa dipercaya masyarakat, jurnalis harus mengumpulkan fakta yang akan dijadikan sebagai bahan berita.

Dari sanalah nantinya berita tersebut akan disajikan kepada masyarakat sehingga tidak ada lagi berita yang masih simpang siur apalagi bersifat merugikan salah satu pihak jika memang tidak sesuai fakta.

Skill yang Harus Dimiliki seorang Jurnalis

  1. Komunikatif

Menjadi seorang jurnalis berarti siap berkomunikasi dengan siapapun dengan tidak memandang latar belakang apapun. Pasalnya, kamu akan terus bertemu dengan berbagai jenis narasumber dari mulai yang berbeda daerah, agama, kebudayaan, bahkan gaya bahasa. Seorang jurnalis harus mengenal narasumbernya terlebih dahulu agar komunikasi bisa dilakukan secara efektif.

  1. Menulis

Selain melaporkan suatu berita, seorang jurnalis harus memiliki keahlian dalam menulis. Karena bahan berita yang dia cari, maka selanjutnya akan dilaporkan dalam bentuk narasi berita. Sehingga, kemampuan ini akan sangat berpengaruh terhadap pemahaman pembaca dalam membaca berita yang ia publikaskan.

  1. Up to date Informasi Terkini

Jika seorang jurnalis tidak mengetahui hal atau berita apa saja yang sedang hangat diperbincangkan, maka seorang jurnalis akan kehilangan pekerjaannya. Tiap hari akan ada saja berita, dimulai dari berita hiburan tanah air, olahraga, kriminal hingga infotainment.

Dengan begitu, ketika suatu berita naik, maka jurnalis harus segera mengulik bagaimana berita tersebut bisa naik dan patut dicari tahu hingga diinvestigasi.

  1. Attitude yang Baik

Salah satu hal yang dilihat dari jurnalis adalah sikap profesionalnya dalam bersikap. Attitude pada saat di ranah pekerjaan harus dimiliki seorang jurnalis karena. Selain itu, attitude seorang jurnalis akan dilihat pada saat bagaimana dia mencari berita.

Ketika berita tersebut didapatkan dari hasil lagiasi ataupun mengutip tanpa menyertakan sumber, maka jurnalis tersebut telah melanggar etika yang telah ditentukan.

  1. Ulet dan Disiplin

Seorang jurnalis harus memiliki sikap gigih dan disiplin. Gesit dalam bertugas akan menjadikan tugas jurnalis rampung sesuai target. Jurnalis dikenal dengan profesi yang berdampingan dengan target.

Jika tidak disiplin, maka jadwal yang seharusnya mewawancarai seseorang ataupun sekelompok orang akan hilang begitu saja. Karenanya, sikap yang disiplin dan kemampuan dalam mengatur waktu bagi seorang jurnalis adalah bagian dari kemampuan yang sudah menjadi bagian dari dirinya untuk pekerjaannya. *** (Berbagai Sumber)

Tinggalkan Balasan