Beranda Pendidikan Kasi PD Pontren Apresiasi Gerakan FKDT Kab Brebes

Kasi PD Pontren Apresiasi Gerakan FKDT Kab Brebes

3

BREBES (pelitaindo.news) – Selaku Kasi PD Pontren kami menyambut dengan baik dan mengaprsiasi atas langkah-langkah yang dilakukan oleh DPC FKDT Kab Brebes. Kita wujudkan kebersamaan beberapa lembaga yang bernaung di bawah seksi PD Pontren Kementerian Agama Kab Brebes. Demikian disampaikan Akhmad Fauzi selaku Kasi PD Pontren saat Rakor bersama Ketua FKDT Brebes dan beberapa Staf JFU di ruang Seksi PD Pontren Kemenag Brebes, Selasa (27/6/2023).

Menurutnya, FKDT, Badko LPQ dan FKDT agar sering berkordinasi untuk mewujudkan kesatuan langkah. Hal ini sangat penting agar sinergisitas dalam menjalankan program bisa berjalan dengan baik, kata Kasi PD Pontren.

Menanggapi program 99 MDTW di Brebes selaku Kasi sangat mendukung dan berharap bisa terwujud di seluruh Kecamatan se Kab Brebes. Program 99 MDTW sangat bagus dan akan mendukung program pemerintah terkait dengan penguatan profil pelajar pancasila dalam kurikulum merdeka. Saat sekarang masih sangat sedikit peserta tingkat SMP yang sorenya masuk di MDTW (Wustho). Mayoritas kalau sudah SMP atau MTs, belajar di Madinnya selesai alias tidak melanjutkan.

“Oleh karena saya sangat sepakat dan mendukung untuk melanjutkan program dari Kasi sebelumnya,” ujar Akhmad Fauzi.

Sebelumnya Akhmad Sururi selaku Ketua DPC FKDT Kab Brebes melaporkan hasil Rakor bersama DPAC FKDT Kecamatan yang diselenggarakan pada hari Minggu kemarin di MDTA Matlabul Ulum Dukuh Tengah Ketanggungan.

Untuk persiapan Ulangan Umum Semester Gasal, DPC FKDT Kab Brebes sudah membentuk tim pembuat soal. Tim.tersebut akan melaksanakan tugas penyusunan naskah soal mata pelajaran tingkat MDTA. Insya Alloh dalam jangka dekat tim penyusun soal akan diberikan pembekalan teknis pembuatan naskah ulangan semester.

Pasca diterbitkannya SK Dindikpora tentang PPDB tingkat SMP banyak peserta didik yang minta legalisir ijazah dengan tanda tangan Kasi PD Pontren. Hal ini merupakan bentuk apresiasi   Dindikpora kepada lembaga pendidikan MDT. Untuk menindak lanjuti hal ini Kepala Dindikpora sudah berkordinasi dengan DPC FKDT Kab Brebes. Selanjutnya Kementerian Agama dimohon untuk bersama sama menindaklnjuti sesuai dengan tupoksinya.

Lebih lanjut Sururi menyampaikan pesan Kepala Dindikpora untuk membuat MoU (Surat Kesepakatan) untuk program penguatan profil pelajar Pancasila. Dalam rangka implementasi kurikulum merdeka, FKDT diminta untuk membuat surat kesepakatan kerjasama yang melibatkan guru MDT di wilayah Kecamatan.

Sebagai pilot projet di SMP N 3 Larangan setiap hari Sabtu ada jam mata pelajaran yang diisi oleh guru MDT setempat dengan Mapel khusus pengetahuan agama Islam. Kegiatan ini sangat bermanfaat mengingat jam tatap muka mapel PAI sangat terbatas. Untuk peningakatan pemahaman dan pengamalan keagamaan maka dibutuhkan jam tambahan.

Ketua DPC FKDT juga menyampaikan, terkait dengan amanat UU Perlindungan Anak, setiap anak berkewajiban menjalankan ibadah sesuai dengan keyakinannya dan berakhlak mulia. Untuk pelaksanaan ibadah tentu dibaremgi dengan pengetahuan tentang ibadah. Hal ini menjadi kewajiban kita bersama untuk menyebarkan pengetahuan agama untuk mereka.

Minimnya pengetahuan agama berakibat kepada lemahnya keyakinan dan moral. Sehingga degradasi akhlak terjadi pada komunitas pelajar formal. Kita turut prihatin beberapa inseden tawuran remaja dan tindakan kriminal lainya dilingkungan pelajar. Oleh karena itu kehadiran MDT sangat penting untuk mereka.

“Sesuai SK Dirjen Pendis Kemenag RI, untuk penyelenggaraan MDT salah satunya dengag sistem program yang terintegrasi dengan lembaga pendidikan formal.  Untuk program ini Kementerian Agama Kabupaten bisa bersinergi dengan Dindikpora bersama FKDT,” pungkas Akhmad Sururi.

Rakor yang berlangsung mulah ba’da duhur dihadiri juga oleh Arif Rahman Hakim dan H Abdul Aziz selaku Staf JFU. *(Nuridin/Red)

The post Kasi PD Pontren Apresiasi Gerakan FKDT Kab Brebes first appeared on pelitaindonews.

Tinggalkan Balasan