Beranda Politik Pengganti Ganjar Pranowo, Jokowi : Sudah Siapkan Nama-nama Calon PJ Gubernur Jateng

Pengganti Ganjar Pranowo, Jokowi : Sudah Siapkan Nama-nama Calon PJ Gubernur Jateng

2

JAKARTA – Presiden Joko Widodo mengaku sudah menyiapkan nama-nama calon penjabat (Pj.) Gubernur Jawa Tengah yang akan menggantikan Ganjar Pranowo.

Jokowi mengatakan keputusan akhir belum akan dibuat dalam waktu dekat. Jokowi berkata masa jabatan Ganjar baru akan beres September 2023.

“Nama-nama sudah mulai, tetapi semuanya nanti lewat TPA [red: tim penilai akhir], ada proses seleksi,” kata Jokowi, Rabu (12/7/2023).

Jokowi mengatakan calon pengganti Ganjar akan dirumuskan oleh tim penilai terlebih dahulu. Ia baru akan ikut menentukan setelah ada hasil penyaringan.

Jokowi juga mengatakan, bukan hanya Ganjar yang akan habis masa jabatannya akhir tahun ini. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan beberapa kepala daerah juga akan habis masa jabatannya.

“Masih September kan? Jawa Barat masih September, Jateng, Bali, Sumut masih September,” ujar Jokowi.

Masa jabatan Ganjar Pranowo sebagai Gubernur Jawa Tengah akan habis pada September 2023. Ia telah memimpin Jawa Tengah selama dua periode sejak 2013.

Undang-undang Pilkada mengatur penyerentakan pilkada pada 27 November 2024. Dengan demikian, daerah-daerah yang kepala daerahnya habis masa jabatan sebelum tanggal itu akan dipimpin penjabat.

Penjabat dipilih oleh pemerintah pusat. Untuk penjabat gubernur, akan diusulkan oleh menteri dalam negeri dan dipilih presiden. Sosok penjabat gubernur akan berasal dari aparatur sipil negara di level pimpinan tinggi madya atau setara eselon I.

The post Pengganti Ganjar Pranowo, Jokowi : Sudah Siapkan Nama-nama Calon PJ Gubernur Jateng first appeared on Majalah Hukum.

Tinggalkan Balasan