Beranda Pidana Umum Polisi Tangkap Tersangka Penipu Tiket Koncer NCT di Bekasi

Polisi Tangkap Tersangka Penipu Tiket Koncer NCT di Bekasi

0

JAKARTA – Kepolisian Sektor (Polsek) Pagedangan, Polres Tangerang Selatan, Banten mengungkap kasus penipuan tiket konser grup band asal Korea Selatan, NCT Dream.

Seorang tersangka berinisial ES ditangkap di Kota Bekasi, Jawa Barat pada Sabtu (8/7/2023).

“Pelaku ES alias E dengan modus menawarkan jasa secara online untuk mendapatkan tiket konser NCT Dream yang dilaksanakan pada Maret lalu,” ujar Kapolsek Pagedangan AKP Seala Syah Alam dalam pers rilis di Tangerang, Senin (10/7/2023).

Seala menjelaskan kasus ini terungkap sejak adanya laporan dari beberapa orang penggemar boyband asal Korea Selatan yang mengaku telah menjadi korban penipuan pembelian tiket konser secara online. Total korban ada 19 orang.

“Pelaku sudah membuka jasa sejak bulan Oktober 2022 dengan dalih pembayaran terlebih dulu secara bertahap,” ujarnya.

Setelah mendapat laporan tersebut, pihaknya melakukan investigasi dan menangkap tersangka di kawasan Taman Juanda, Duren Jaya, Bekasi Timur, Kota Bekasi.

“Dari hasil pemeriksaan modusnya dengan memasarkan di media sosial melalui Instagram, jadi menawarkan jastip tiket NCT Dream,” jelasnya.

Seala menyebutkan, dalam aksinya, tersangka merayu korbannya dengan menawarkan sejumlah tiket yang hanya membayar komisi jastip tiket NCT Dream senilai Rp500 ribu. Biaya itu merupakan tambahan dari tarif tiket yang mencapai Rp3,4 juta.

“Pembayaran terlebih dulu secara bertahap sebesar Rp200 ribu/Rp300 ribu dan mendekati konser itu seharga per tiket Rp3,4 juta. Setelah itu, para korban karena merasa yakin tergiur dan lalu menawarkan ke yang lainnya,” ujarnya.

Pada akhirnya, para korban langsung melakukan proses pembelian tiket konser melalui transfer secara bertahap hingga melunasinya. Namun, pada saat penyelenggaraan konser NCT Dream yang dilaksanakan di ICE BSD pada Maret lalu, para korban tak kunjung mendapatkan tiket konser tersebut.

“Ada beberapa korban yang komunikasi dengan pelaku dan janji akan mengembalikan uang, akan tetapi tidak juga dikembalikan sampai korban membuat laporan,” ujarnya.

Belasan korban mengalami kerugian hingga total mencapai Rp94 juta.

Atas perbuatannya, polisi menyangkakan pelaku dengan Pasal 378 KUHP subsider Pasal 372 dengan ancaman hukuman empat tahun penjara.

The post Polisi Tangkap Tersangka Penipu Tiket Koncer NCT di Bekasi first appeared on Majalah Hukum.

Tinggalkan Balasan