Beranda Pidana Umum Usai Bebas, Kuasa Hukum : Irjen Napoleon Kembali Bertugas Di Polri

Usai Bebas, Kuasa Hukum : Irjen Napoleon Kembali Bertugas Di Polri

4

JAKARTA – Irjen Napoleon Bonaparte dikabarkan sudah kembali bertugas sebagai anggota Polri usai resmi bebas dari penjara terkait dua kasus pidana yang menjeratnya.

Ahmad Yani selaku Kuasa hukum Irjen Napoleon mengatakan, kliennya saat ini sudah memasuki Masa Persiapan Pensiun (MPP) sebagai anggota Polri.

“Iya sampai sekarang masih aktif tinggal menunggu (masa pensiun), kalau tidak salah tidak lama lagi akan pensiun juga dia, iya dia sudah memasuki MPP (masa persiapan pensiun),” ujarnya saat dihubungi, Senin (7/8/2023).

Kendati demikian, Ahmad Yani mengaku tidak mengetahui secara pasti terkait jabatan yang diemban oleh kliennya tersebut. Ia juga mengklaim tak tahu kapan kliennya akan menjalani sidang Komisi Kode Etik Profesi (KKEP) Polri terkait kasus yang menjeratnya.

“Waduh, kalau itu saya kurang informasi ya,” tuturnya.

Sebelumnya, mantan Kepala Divisi Hubungan Internasional (Kadiv Hubinter) Polri Irjen Napoleon Bonaparte resmi bebas setelah menerima program bebas bersyarat sejak April 2023.

“(Napoleon) sudah bebas. Sudah menjalani program pembebasan bersyarat dari tanggal 17 April 2023,” ujar Kabag Humas dan Protokol Ditjen Pemasyarakatan (Pas) Kemenkumham Rika Aprianti saat dikonfirmasi, Jumat (4/8/2023).

Napoleon diketahui terjerat dua kasus hukum. Pada 2021, Napoleon terlibat kasus dugaan suap Djoko Tjandra dan divonis empat tahun penjara serta denda Rp100 juta.

Dalam perkara ini, Napoleon menerima uang sebesar Sin$200 ribu atau Rp2,1 miliar dan US$370 ribu atau Rp5,1 miliar dalam kasus penghapusan red notice Djoko Tjandra.

Saat menjalani penahanan atas kasus suap tersebut, Napoleon justru kembali terlibat kasus hukum. Yakni melakukan penganiayaan terhadap Muhammad Kace dengan cara melumuri tinja di dalam Rutan Bareskrim Polri.

Atas perbuatannya itu, Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan menjatuhkan vonis berupa hukuman lima bulan dan 15 hari penjara.

The post Usai Bebas, Kuasa Hukum : Irjen Napoleon Kembali Bertugas Di Polri first appeared on Majalah Hukum.

Tinggalkan Balasan