Beranda Polhukam PDIP Beberkan 3 Kriteria Pengganti Ganjar di Pilgub Jateng 2024

PDIP Beberkan 3 Kriteria Pengganti Ganjar di Pilgub Jateng 2024

16

SEMARANG (pelitaindo.news) – Ketua DPD PDI Perjuangan (PDIP) Jawa Tengah, Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul membeberkan tiga kriteria untuk Calon Gubernur (Cagub) Jateng pada Pilgub 2024. Salah satunya yaitu tidak boleh mendahulukan diri sendiri.

Bambang Pacul mengatakan kriteria pertama Cagub Jateng 2024 yaitu memiliki karakter kuat, memahami ideologi PDIP, dan mampu menerjemahkan gagasan Bung Karno.

“Tiga kriteria, 3K. Yang pertama adalah karakter ideologi PDI Perjuangan dan menerjemahkan pemikiran-pemikiran Bung Karno,” kata Bambang dalam keterangannya dilansir detikJateng, Selasa (21/2/2023).

Pemikiran Bung Karno yang dimaksud salah satunya yaitu menambah tenaga kaum Marhaen. Jadi memberikan kekuatan pada kaum Marhaen atau masyarakat miskin lewat program-program pengentasan kemiskinan. Program itu disebutnya sebagai salah satu yang ditekankan PDIP dan merupakan pesan Presiden pertama RI, Soekarno.

“Tugas kita menambah tenaga kaum Marhaen, artinya harus berempati pada orang yang tidak punya. Jika engkau mampu, perhatikan kemiskinan. Itu kalau bupati/wali kota yang merupakan anak didik Bung Karno,” tegasnya.

Kemudian kriteria kedua adalah kompetensi. Ia menjelaskan Cagub dari PDIP harus punya pengalaman leadership, kepemimpinan yang mengayomi, ngayemi (memberi rasa aman), dan ngayani (menguatkan). Menurutnya hal itu bisa dilihat dari track record atau program-program yang dilakukan untuk menerjemahkan ideologi partai sebagaimana kriteria pertama.

“Pemimpin tidak boleh hanya mendahulukan diri sendiri, namun harus mengutamakan masyarakatnya,” ujar Bambang Pacul.

Kriteria ketiga adalah kecerdasan yang artinya Cagub Jateng perlu memiliki kemampuan memecahkan masalah serta punya sense of crisis.

“Hal itu menurut bisa dilihat dari lingkungan dia bergaul, termasuk track record atau capaian yang telah dilakukannya” katanya.

Menurutnya hal itu penting karena Jawa Tengah menjadi salah satu barometer di Indonesia, baik itu tentang politik, sosial, hingga perihal ekonomi. Meski sudah menyebutkan tiga kriteria, Bambang belum menyebutkan nama-nama tokoh yang berpotensi diusung menjadi Cagub Jateng 2024. (Red)

Tinggalkan Balasan