Beranda Nasional Peringati Hari Ibu ke-94, Organisasi Wanita di Kabupaten Garut Gelar Donor Darah

Peringati Hari Ibu ke-94, Organisasi Wanita di Kabupaten Garut Gelar Donor Darah

9

GARUT (pelitaindo.news)Dalam rangka memperingati Hari Ibu yang ke-94 tingkat Kabupaten Garut, gabungan beberapa organisasi wanita di Kabupaten Garut menyelenggarakan rangkaian kegiatan di mana salah satunya adalah pelaksanaan Donor Darah yang berlangsung di Gedung Pendopo, Kabupaten Garut, Senin (19/12/2022).

Kegiatan ini dilaksanakan oleh beberapa gabungan organisasi wanita seperti Persit Kartika Candra Kirana Cabang Kabupaten Garut, Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Garut, Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Garut, Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Garut, Bhayangkari Kabupaten Garut, dan organisasi wanita lainnya.

Dewan Penasihat dalam kegatan ini, juga selaku Ketua TP PKK Kabupaten Garut Diah Kurnia Sari mengatakan, dalam satu tahun pihaknya sering melaksanakan kegiatan donor darah dan bisa mencapai target sampai 300 lebih labu darah.

Dalam kesempatan ini juga, ia mengapresiasi kepada seluruh pihak yang telah membantu menyukseskan kegiatan donor darah dalam rangka Peringatan Hari Ibu yang ke-94 ini.

“Pokoknya terimakasih atas supportnya untuk kegiatan donor darah. Insyaallah kalau kami donor darah di Pendopo ini semua digerakkan dari dinas-dinas harus menghadirkan orang-orang tapi alhamdulillah juga ini terimakasih buat Persit Kartika Chandra, Bhayangkari yang juga mendonorkan darahnya, buat Kodim, dan SKPD yang ada di Kabupaten Garut,” katanya.

Diah berharap kegiatan donor darah ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat yang membutuhkan darah. Tak hanya itu, ia juga mengungkapkan bahwa donor darah ini dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat.

“Mungkin itu saja, terimakasih kepada ketua panitia Hari Ibu Tahun 2022 terimakasih, mudah-mudahan rangkaian terakhir adalah upacara di Hari Ibu pada tanggal 22 Desember yang akan diadakan di Pendopo Kabupaten Garut,” ucapnya.

Ketua Panitia Peringatan Hari Ibu ke-94 Tingkat Kabupaten Garut, juga selaku Ketua Persatuan Istri Tentara (Persit) Kartika Chandra Kirana Cabang Kabupaten Garut Poppy Danisworo menyampaikan, dalam kegiatan donor darah kali ini pihaknya menargetkan kurang lebih 500-600 labu darah, yang menyasar pada peserta dari pegawai Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), organisasi wanita di Kabupaten Garut, serta masyarakat umum.

“Tentunya ini merupakan sebuah berkah yang harus kita syukuri karena kita tidak berada di posisi orang yang menerima darah, kita tahu betul bahwa donor darah yang kita laksanakan ini memiliki manfaat yang luar biasa, tidak hanya bagi diri kita sendiri terlebih untuk orang lain yang membutuhkan,” ujarnya.

Ia mengapresiasi kepada Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Kabupaten Garut yang telah turut berpartisipasi untuk membantu kelancaran pelaksanaan donor darah dalam rangka Hari Ibu ke-94 ini yang mengusung tema “Perempuan Berdaya, Indonesia Maju”. Ia berharap, kegiatan ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat Kabupaten Garut.

“Saya selaku Ketua Panitia Pelaksanaan kegiatan Hari Ibu berharap adanya kegiatan donor darah ini, mari kita konsentrasikan segenap potensi kekuatan dan kebersamaan kita untuk menitikberatkan pembangunan organisasi sehat yang dilandasi tekad dan memajukan bangsa ini,” katanya.

Salah satu peserta donor darah, juga merupakan purnabakti Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemdakab Garut Didiet Gorda (66) mengatakan, dirinya sangat mendukung kegiatan donor darah ini, mengingat kebutuhan darah di Kabupaten Garut sangat banyak, namun untuk stok darahnya sedikit sehingga perlu banyak kegiatan donor darah secara massal.

“Alhamdulillah di usia sekarang ini bapak menginjak 140 kali donor, alhamdulillah bukan masalah banyak dan sedikitnya yang penting sebagai wujud rasa syukur kepada Allah SWT karena tidak semua yang berminat donor bisa melaksanakan (donor), kalau tidak sehat,” ucapnya.

Adapun beberapa rangkaian kegiatan yang dilaksanakan dalam Peringatan Hari Ibu ke-94 tingkat Kabupaten Garut di antaranya yaitu Bazar dalam Garut Festival, kegiatan seksi kesehatan berupa pemeriksaan tekanan darah (tensi) gratis dan penyuluhan kesehatan, pengajian yang bekerja sama dengan Pengajian Al-Hidayah, donor darah, serta puncak acara yaitu Upacara Peringatan Hari Ibu ke-94 Tingkat Kabupaten Garut yang akan dilaksanakan pada tanggal 22 Desember mendatang. (humaspemkab.Garut)

Tinggalkan Balasan